Haji: Keadaan Ihram dan perbuatan-perbuatan yang dilarang

Setiap agama mempunyai upacara dan ritualnya masing-masing. Islam memiliki lima rukun berbeda yang mewakili agamanya. Haji, rukun kelima dalam Islam, memiliki beberapa ritual penting yang harus dilakukan. Mengenakan Ihram adalah ritual yang paling penting. Umrah tidak dapat dilakukan tanpa mengenakan Ihram. Pria yang memakai Ihram memiliki niat yang jelas untuk melakukan salah satu dari dua ritual yang diberkati: Haji atau Umrah. Mereka menanggalkan pakaian biasa, mengenakan pakaian khusus, lalu menceritakan Talbiyah. Seseorang yang memasuki keadaan Ihram dikenakan batasan-batasan tertentu. Sumber artikel!

Hubungan seksual tidak diperbolehkan

Anda akan melakukan haji ketika Anda mencapai Ihram. Hubungan seksual dan aktivitas lain menjelang haji atau umrah, seperti berciuman, menyentuh, dan kontak mata, juga dilarang keras. Jika seseorang melakukan hubungan badan, maka ia wajib menyembelih sepuluh ekor unta atau berpuasa selama sepuluh hari. Dia juga harus membuat satu tahun lagi. Penting untuk menyelesaikan haji. Hazrat Ali, Hazrat Abu Hurairah dan Hazrat Umar (R.A.) semuanya mengeluarkan putusan ketika pasangan melakukan hubungan seksual di Ihram.

Mereka berdua menyelesaikan sisa ritual haji untuk diri mereka sendiri (yaitu untuk menyelamatkan mereka dari kehinaan, mereka harus menyelesaikan haji mereka. Mereka kemudian harus menunaikan haji di masa depan (lagi) dan menyembelih seekor hewan.”

Jangan berdebat, berselisih atau berkelahi dengan Jamaah Haji

Allah berfirman dalam Al-Qur’an

“…Barangsiapa yang berniat menunaikan haji, (dengan memakai Ihram) maka dia tidak boleh melakukan kebejatan seksual atau perselisihan yang tidak adil selama menunaikan haji…”

Hal serupa juga disabdakan Rasulullah (HR. Abu Hurairah R.A).

Haji adalah ziarah suci. Siapa pun yang melakukannya tanpa menyinggung, kurang ajar, atau memfitnah, akan menjadi suci dan polos ketika mereka kembali ke rumahnya. Al-Bukhari, Muslim

Jangan mengenakan pakaian apa pun yang bentuknya pas

Kenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh Anda. Allah telah mengatakan hal itu.

Jika ada di antara kalian yang mempunyai penyakit di kepala, atau meskipun hanya ruam (misal, jika seseorang mempunyai penyakit di kepalanya (yaitu (Al-Qur’an: 2:196)

Pernikahan kontrak dilarang

Hazrat Muhammad (SAW), Rasulullah terakhir mengatakan hal ini tentang pernikahan kontrak selama haji.

Seseorang yang sedang ihram tidak boleh menikah, membantu orang lain untuk menikah, atau bertunangan. (Shahih Muslim)

Hindari kesalahan ini saat menunaikan ibadah haji di Kota Suci Makkah di Arab Saudi. Semoga Allah menerima haji kita.

Leave a Reply